3 Cara Mencegah CVT Motor Skutik Berisik

V-Belt Motor

Kabar Otomotif – Semakin kedepannya ternyata motor skutik lebih banyak peminatnya. Terlihat dari 10 daftar motor terlaris di Indonesia pada bulan April 2018 kemarin. Sebanyak 8 model motor bertansmisi manual menempati urutan tersebut.

Dengan begitu, v-belt sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda juga semakin banyak beredar di Indonesia. Meski terbilang minim perawatan, komponen ini juga tetap butuh perhatian karena dilihat dari fungsinya yang sangat penting.

Bila dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, maka dijamin skutik anda akan mengeluarkan bunyi berisik. Hal ini disebabkan oleh V-belt yang sudah aus. Untuk cara mencegahnya kami mempunyai beberapa tips untuk anda.

  1. Cairan belt dressing

Fungsi dari cairan ini sangat penting, sama halnya pelumas pada rantai. Tetapi, pengaplikasiannya harus membuka box cvt terlebih dahulu. Bila mengalami kesulitan, disarankan pelumas tersebut dilakukukan oleh mekanik langganan dan terpercaya.

  1. Box CVT

Box cvt juga berperan dalam menentukan usia v-belt. Jika tidak tertutup dengan sempurna, kotoran dan air akan mudah masuk sehingga membuat v-belt aus lebih cepat dari semestinya.

  1. Cek berkala

Paling penting ialah melakukan pemeriksaan dan pergantian secara berkala. Biasanya, servis dilakukan setiap 6 ribu km dan harus diganti jika sudah menempuh jarak maksimal 24 ribu km seperti yang tertera pada buku manual beberapa skutik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *