Alasan Pabrikan Larang Potong Rantai Yang Sudah Aus

Rantai Motor Aus

Berita Otomotif – Rantai sangat penting fungsinya sebagai part penyalur tenaga dari mesin ke roda yang pastinya peranan ini sangat penting untuk kendaraan kita, Namun seiring pemakaian rantai juga misa mulur atau aus yang membuat rantai menjadi kendur.

Nah untuk mengakalinya banyak sekali bikers yang melakukan pemotongan rantai agar rantai bisa kembali kencamg saat digunakan, Namun rantai yang kendur bisa memunculkan berbagai kendala dan salah satunya menyebabkan bunyi yang berisik.

Dan ternyata memotong rantai tidak pernah disarankan oleh pabrikan, “Opsi potong rantai itu di perbolehkan asal dalam kondisi emergency saja,” kata Hery Susanto selaku Marketing PT FSCM Manufacturing Indonesia.

“Seperti misalnya di daerah pedalaman tiba-tiba mengalami rantai kendur pastinya itu akan putus apabila dipaksakan,” tambahnya.

Memotong rantai terbagi menjadi dua jenis, Yaitu memotong karena pada saat membeli kepanjangan dan memotong rantai karena rantai sudah aus atau batas rantai motor itu sudah habis.

“Memotong rantai karena beli kepanjangan itu tidak apa-apa alias diizinkan, asalkan cara memotong yang benar.”

“Sedangkan memotong rantai karena sudah mulur itu tidak diijinkan karena mulurnya rantai disebabkan oleh terkikisnya komponen pada rantai tersebut,” ucapnya.

Pada rantai yang sudah mulur, biasanya walaupun sudah dipotong biasanya akan cepat kendur kembali, Jadi alangkah baiknya sobat Burtor mengganti rantai yang sudah mulur agar kerjanya kembali maksimal dan optimal untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *