Cara Belok Yang Benar Saat Hujan

Cornering Saat Hujan

Berita Otomotif Terkini– Saat hujan mengendarai sepeda motor harus menjadi perhatian khusus bagi pada rider sekalian, Karena potensi kecelakaan meningkat saat jalanan diguyur hujan.

Kejadian kecelakaan bisa terjadi karena jarak pandang yang sangat terbatas, Faktor lainnya karena jalanan basah juga sangat berpengaruh dengan cara berkendara yng tidak seperti biasanya.

“Jalan basah membuat kemungkinan ban kehilangan traksi, Di sini gaya berkendara saat hujan wajib diubah,” ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi Burtor.com beberapa waktu lalu.

Perhatian dikhususkan pada saat berbelok, Bagi pengendara motor ketika berada di lintasan basah dapat mengalami gejala hidroplaning, Oleh karena itu ada beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika hendak berbelok.

Pastikan anda mengurangi kecepatan sebelum memasuki zona tikungan, Jangan melaju kencang saat berbelok, Dan juga jangan melakukan pengereman yang keras saat kendaraan hendak berbelok, Karena hal ini akan membuat motor kehilangan traksi dan berpotensi tergelincir.

Sudut kemudi tidak berbeda dengan garis lurus roda belakang. Jangan lakukan gaya berkendara yang sama ketika kondisi jalan kering.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *