Inilah Jenis Sistem Pengunci Helm

Jenis Pengikat Helm

Kabar Otomotif – Perlengkapan wajib sepeda motor yang paling utama ialah Helm. Helm digunakan ketika mengendarai atau berboncengan sepeda motor, harena piranti keselamatan yang satu ini beguna untuk melindungi kepala.

Dengan berkembangnya industry sepeda motor didunia, pabrikan helm pun terus melakukan inovasi di berbagai sisi, baik tampilan maupun segi keamanan. Karena itulah muncul berbagai jenis system pengunci helm.

Tak hanya sekedar menjadi pelengkap, pengunci helm memiliki fungsi penting, yaitu menjaga helm tak terlepas ketika penggunanya terlibat dalam kecelakaan.

Lantas, apa saja jenis-jenis sistem pengunci helm motor yang beredar di Indonesia? Simak ulasan berikut:

  1. Quick Release Buckle

Jenis ini paling banyak beredar di Indonesia dengan ciri khas bunyi “klik” saat terkunci. Sistem quick release buckle bisa ditemui pada helm bonus pembelian sepeda motor maupun tipe lain, bahkan full face.

  1. Micro-lock

Sistem pengunci micro-lock juga kerap disebut sebagai micrometic buckle. Cara kerjanya mirip dengan sistem sabuk pengaman pada pesawat terbang. Untuk mengunci hanya perlu memasukkan sisi yang panjang dan bergerigi ke rumah kunci. Melepasnya hanya perlu menarik tali biasanya berwarna merah pada pengunci.

  1. Double D Ring

Tipe ini kerap dibilang yang paling aman dari segala jenis sistem pengunci helm. Tak heran jika helm pembalap MotoGP dan ajang balap lainnya menggunakan Double D Ring. Seperti namanya, sistem ini memiliki ring berbentuk D dan dilengkapi dengan kancing setelah simpul terikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *