Inilah Tips Dan Trik Membersihkan Helm Branded

Helm Branded

Berita Otomotif Terkini – Bagi pengguna sepeda motor piranti penting untuk keselamatan salah satunya ialah Helm. Tidak hanya standar kualitasnya yang harus sesuai berlalu lintas, tapi juga kenyamanan ketika dipakai dan inilah yang banyak terabaikan.

Penggunaannya yang setiap kita berkendara dengan perawatannya yang minim membuat munculnya bau tak sedap. Bahkan keringat dan debu bisa menimbulkan tumbuhnya jamur pada busa helm.

Apalagi dengan jenis helm full face karena modelnya yang tertutup, rawan sekali terjadi lembab yang mengundang semua penyakit.

Ada beberapa tempat spesialis untuk mencuci helm hanya dalam waktu 1 sampai 1,5 jam. Spesialis cuci helm ini biasanya menawarkan cara cuci helm yang menarik. Terutama untuk helm-helm branded sekelas Arai, Shoei atau AGV. Namun jika kalian ingin mencuci helm secara manual dan sendiri berikut langkah-langkahnya.

  1. Cuci visor/kaca helm dengan menggunakan air bersih dan sabun cair. Gosok menggunakan telapak tangan saja. Hindari penggunaan cairan kimia seperti alkohol, dll. Keringkan dengan kain lap yang lembut dan hindari menggunakan tissue.
  2. Selanjutnya dibagian busa dalam yang harus dicuci dengan sabun cair atau shampoo khusus. Hindari penggunaan deterjen untuk mencucinya karena dapat merusak lapisan perekat lem. Selain itu deterjen juga bisa menimbulkan bau kurang sedap bila tidak dibilas dengan bersih. Jangan terlalu lama direndam, cukup 5-10 menit.
  3. Untuk mengeringkannya hindari dari sinar matahari langsung. Cukup dengan pakai angina dari hawa panas dari belakang AC dirumah. Lapisan EPS/styrofoam bagian dalam cukup dibersihkan dengan lap dan sedikit air.
  4. Pada bagian batok/shell helm juga sama seperti membersihkan visor. Gunakan cotton bud atau sikat gigi kecil guna membersihkan kotoran yang berada di ventilasi helm. Batok/shell helm juga boleh dipoles menggunakan wax atau cairan poles lainnya (Kit, Meguiars, dll).
  5. Dan terakhir bersihkan bagian ratchet/engsel/mekanisme kaca helm menggunakan minyak silikon (silicone oil/spray). Silicone oil juga berguna sebagai pelumas mekanisme yang bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *