Jangan Melawan Jika Motor Ditarik Mata Elang Lakukan Hal ini Menurut Polisi

Mata Elang

Kabar Otomotif Terkini – Akhir-akhir ini, prang yang bekerja sebagai penarik motor nunggak semakin banyak, gerombolan yang sering dipanggil-panggil mata elang itu memang cukup meresahkan warga.

AKB Aldo Siahaan,S.IK, Kasi Kemitraan Subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri memahami kekhawatiran perusahaan pembiayaan, ketika banyak debiturnya yang menunggak angsuran bahkan alami kredit macet.

Namun dia belum bisa memastikan adanya sejumlah aksi mata elang yang berujung perampasan bahkan aksi kekerasan terhadap nasabah, Lantas apakah boleh secara hukum saat motor diambil mendadak oleh mata elang untuk melapor ke polisi?

“Ya sah-sah saja boleh melapor, karena kenapa hal tersebut kembali lagi menjadi kewajiban dan hak masyarakat,” ujar AKBP Aldo.

“Kalau sampai mata elang itu melakukan tindakan paksa mengambil motor atau dengan kekerasan itu bisa melaporkan.

Namun tetap saja hal tersebut tidak diperbolehkan,” bebernya.

“Untuk alasan keamanan diperbolehkan melapor, karena kita belum tahu itu mata elang atau bukan, enggak tahunya nanti mereka memanfaatkan fenomena tersebut untuk kepentingan mereka pribadi, kan bisa bahaya,” ujarnya menambahkan.

Maka dari itu, jika mengalami hal tersebut anda bisa segera mengambil tindakan tegas atau melapor kepolisi, Apalagi sekarang sudah ada kamera, jadi bisa langsung foto orangnya. Nanti saat di kantor polisi hal tersebut bisa menjadi barang bukti,” paparnya.

“Paling tidak kita juga harus punya barang bukti seperti STNK, kalau BPKB enggak mungkin sudah ada, karenakan namanya masih dikredit pasti masih ditahan,” jelasnya.

“Nanti pasti akan kita kembangkan jika kita ketahui dia berasal finance yang mana, paling kita akan fasilitasi ke kantor untuk menemukan bagimana si kelanjutannya untuk permaslahan ini,” Ucapnya.

Menurutnya, karena memang tugas seorang polisi adalah untuk melindungi masyarakat, “Kita sebagai polisi hanya untuk mencari jalan tengah demi membantu masyarakat mendapatkan haknya,” pungkas AKBP Aldo Siahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *