Pasal Menolong Orang Kecelakaan Sudah Diatur KUHP

Kecelakaan

Berita Otomotif – Masyarakat Indonesia khusus nya yang tinggal di kota-kota besar memang lebih banyak menghabiskan waktu dijalanan, Tidak jarang juga bikers menyaksikan kecelakaan yang memakan korban luka parah bahkan sampai korban jiwa.

Akan tetapi jangan anggap spele, Ternyata dalam menolong orang kecelakaan juga sudah diatur dalam Undang-undang Indonesia, Jika sobat Burtor lalai akan dikenakan pidana 3 bulan dan denda administrasi.

Peraturan yang tertuang di Pasal 531 KUHP Kitab Undang-undang Hukum Pidana sudah di ungkapkan kewajiban untuk menolong orang yang membutuhkan pertolongan dan berikut adalah bunyi pasal dari peraturan menolong orang kecelakaan.

Barangsiapa menyaksikan sendiri ada orang di dalam keadaan bahaya maut, lalai memberikan atau mengadakan pertolongan kepadanya sedang pertolongan itu dapat diberikannya atau diadakannya dengan tidak mengkhawatirkan, bahwa ia sendiri atau orang lain akan kena bahaya, dihukum kurungan selama-lamanya tiga bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp 4.500,- Jika orang yang perlu ditolong itu mati.

Dalam pasal ini penggunaannya diberikan catatan sebagai berikut:

Apabila seseorang akan memberikan pertolongan sebaiknya dia harus menyadari bahwa tindakan tersebut tidak akan membahayakan dirinya, Misal dia tidak dapat menolong dengan tenaganya sendiri, sudah sewajibnya ia meminta bantuan pada orang lain yang dianggap bisa membantu contohnya seperti menelfon petugas medis atau pihak kepolisian.

Lain hal jika seseorang sadar dan mampu baik fisik maupun keterampilan untuk menolong orang lain yang sedang dalam bahaya dan tidak akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Jika ia tidak dapat mencari pertolongan ataupun memberikan pertolongan maka orang tersebut dapat dikenakan pasal ini, Nah untuk cara yang lebih simple jika kita mendapati orang kecelakaan di jalan, Lebih baik langsung hubungi nomor darurat 119 untuk mendapat arahan petugas, Dan melaporkan kepada petugas apabila memiliki keterampilan pertolonga pertama pada kecelakaan dan dapat mengevakuai korban tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *