Pakai Kampas Kopling 2Tak di Motor 4tak Bisa Bikin Ngacir

Kampas Kopling 2tak

Kabar Otomotif Terkini – Untuk sobat Burtor yang ingin memaksimalkan tunggangannya tanpa harus melakukan banyak perubahan tentu sangat tidak ada ruginya mencoba trik ini.

Roy Anugrah yang mekanik Wah’ny BR Speed Motor Service punya tips untuk memaksimalkan kinerja kopling.

Pria yang akrab disapa Roy ini, bilang kalau ada salah satu kelebihan yang diusung kampas kopling buat engine 2-tak jika digunakan untuk mesin 4-tak.

“Siklus kerja mesin 2-tak lebih cepat dari mesin 4-tak. Otomatis setiap part dibuat agar lebih tahan terhadap gesekan. Efeknya, usia kampas kopling lebih panjang, entakan awal juga lebih terasa,” kata Roy yang bengkelnya di Jl. Raya Parung Serab No. 3C, KSU, Depok, Jawa Barat.

Secara kasat mata, kampas kopling sepeda motor bermesin 2tak tampak memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan mesin 4tak, Jarak shoe lebih rapat, ini yang membuatnya lebih menggigit dan lebih tahan terhadap gesekan.

Bagi yang ingin mengadopsi kampas kopling sepeda motor 2-tak, beberapa merek dan tipe bisa langsung diadopsi tanpa harus mengubah bagian lainnya.

Namun ada juga yang menyarankan untuk merubah karena ukurannya yang berbeda, Roy sedikit menjabarkan beberapa tipe dan merk yang bisa langsung tukar alias substitusi antar motor.

Mulai dari Yamaha. Bagi pengguna Yamaha Vega series, Yamaha Crypton, Yamaha Jupiter dan Jupiter Z versi awal, bisa mengadopsi kampas kopling milik Yamaha F1Z-R.

Bisa juga pakai milik Suzuki FR80. Diameter dan tebal kampas sama persis.

Jadi, tidak perlu melakukan perubahan di rumah kopling.

Untuk motor batangan keluaran Yamaha seperti Yamaha Scorpio dan Yamaha Byson, bisa mengandalkan kampas kopling milik Kawasaki Ninja 150 series.

Diamater dan tebal kampas kopling keduanya juga sama. Tidak perlu ada bagian yang diubah.

Dari merek Suzuki, penggunaan kampas kopling motor bermesin 2-tak marak diadopsi oleh Suzuki Satria F-150.

Para pengguna F-150, banyak yang memanfaatkan kampas kopling milik Suzuki RGR 150 yang bermesin 2-tak.

“Banyak yang sudah membuktikan, kopling jadi tidak mudah slip, dan tenaga mesin juga lebih responsif,” bilang Roy.

Nah, untuk sepeda motor keluaran Kawasaki dan Honda, Roy mengatakan tidak ada kampas kopling sepeda motor 2-tak yang bisa langsung pakai.

Kawasaki, hingga saat ini belum ada yang sama. Karena hampir setiap model yang dikeluarkan memiliki bentuk kampas kopling yang berbeda.

“Kalau motor Honda, solusinya bisa adopsi kampas kopling motor yang memiliki kapasitas silinder lebih besar. Seperti Honda Revo, Supra X, Supra X125, Karisma, dan Grand bisa mengadopsi kampas kopling milik Honda Tiger. Memang sih, sama-sama 4-tak. Tapi, tetap bisa berikan performa lebih kok,” ucap Roy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *