Puluhan Moge dan Mobil Selundupan Berhasil Diamankan TNI AL

Hasil Sitaan Puluhan Moge dan Mobil

Kabar Otomotif – Penyelundupan puluhan mobil dan moge dari luar negeri ke Indonesia berhasil digagalkan Tim Western Fleet Quick Respond (WFQR) Lantamal III. Penangkapan ini dilakukan oleh Kapal Angkatan Laut (KAL) Kobra Strol Lantamal III disekitaran Teluk Jakarta.

Penangkapan ini berawal dari adanya laporan yang diterima intelejen terkait adanya kapal pembawa barang Ilegal. Setelah di selidiki diketahui kapal tersebut bernama Fajar Bahari V.

“Di belakang kita ini ada KM Fajar Bahari V, kapal jenis roro yang kemarin (11/4) baru kita tangkap pada 15.00 WIBdan ternyata setelah didalami di dalamnya ada muatan yang tidak bermanifes,” ujar Panglima Komando Armada Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksda Yudo Margono di Dermaga Marunda Center, Jalan Marunda Makmur, Kabupaten Bekasi.

Laksda Yudo menjelaskan, semula nakhoda kapal menolak untuk dilakukan pemeriksaan. Tetapi setelah dipaksa pemeriksaan bisa dilakukan.

“Seperti kita lihat bersama ada 18 moge dan 9 mobil salah satunya ada Porsche di dalam truk yang ditumpuk dengan kardus dan ditutup terpal sehingga tidak ketahuan,” ujar Yudo.

Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan resmi di Pontianak. Ia menduga kendaraan selundupan tersebut berasal dari Malaysia.

“Ya nanti akan kita indikasi bersama karena barang-barang ini tidak bermanifes ada kemungkinan barangnya ini penyelundupan dari Malaysia, karena tidak terdaftar di Pontianak,” ujarnya.

Ia juga memastikan Lantamal III bersama Bea Cukai dan Kepolisian akan menyelidiki lebih lanjut untuk mencari tahu siapa pemilik barang tersebut. Saat ini nakhoda kapal diamankan sebagai penanggung jawab barang tersebut.

“Karena ini di atas kapal sehingga nakhodanya yang bertanggung jawab terhadap pengangkutan barang-barang ilegal ini,” ujarnya.

“Dari pihak Bea Cukai barang-barang ini tidak terdaftar artinya bodong. Tapi nanti akan kita dalami lagi oleh penyidik Lantamal III tentunya akan kita lidik Lantamal III bersama bea cukai dan kepolisian untuk mengungkap sampai sejauh mana barang ini siapa pengirimnya dan sebagainya,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *