Seniornya Kawasaki Ninja Two Stroke

Kawasaki AR 125

Berita Otomotif Terkini – Termasuk kelas Legend, Tentunya sobat Burtor sangat paham dengan motor yang satu ini yang pernah merajalela pada tahun 1980an dan rata-rata memang ditahun ini kebanyakan motor adalah 2tak.

Contohnya motor zaman dulu yang sangat terkenal dari dulu sampai sekarang adalah Rx King Series, Nah sobat Burtor jangan cari-cari ninja ditahun tersebut karena belum ada yah.

Pada tahun 1980an memang belum ada Kawasaki Ninja akan tetapi ada pendahulunya atau bisa dikatakan engkongnya Ninja dengan nama Kawasaki AR125 yang sangat terbilang Legend ini.

Kawasaki AR125 lahir pertama kali di Indonesia pada tahun 1984, Dulu pabrikan motor Kawasaki di garap ke Indonesia oleh PT.Bintang Terang makanya nama motor Kawasaki saat itu ada Binter nya, Misalkan seperti Binter Merzy, Binter GTO, Binter Joy, Binter KE125 sampai dengan Binter AR125.

Nah, Nama Binter ini diperkenalkan hanya di Indonesia saja kalau diluar negri ya namanya tetap Kawasaki, Walaupun sangat fenomenal diawal peluncurannya, Penjualan Kawasaki AR125 terhenti pada tahun 1987.

Namun memang wajib diakui, Banyak yang sangat suka dengan motor ini karena akselerasinya yang jos walaupun kapasitas mesin nya hanya mempunyai tenaga 125 cc, Bicara soal mesinnya, AR125 menggunakan piston berdiameter 55 mm dan stroke 51,8 mm sehingga kubikasi bersihnya 123 cc.

Powernya 22 dk pada 9500 rpm dan torsinya 16.67 Nm dengan bobot kosong hanya 107 kg sehingga kecepatannya dapat mencapai 130 km/jam.

Bahkan jika dioprek atau digunakan dengan setelan balap full, Binter AR125 ini memiliki kecepatan hingga 180 km/jam, Dan yang bikin unggul dengan motor dua tak seangkatannya adalah motor ini sudah pakai radiator alias pendingin cairan!

Lalu yang unik adalah sistem pemasukan bahan bakarnya yang pakai rotari valve (klep rotari)yang punya nama keren Rotari Reedvalve Intake System/RRIS.

Satu lagi keunggulannya dibanding motor seangkatannya, suspensi belakang sudah monoshock dengan sistem Uni-Trak khas Kawasaki.

Kalau melihat desainnya, Kawasaki Binter AR125 ini mengambil garis desain ala Kawasaki GPZ series yang terkenal sporty pada masanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *