Tiga Cara Aman Jika Piston Banyak Berkerak

Piston Gosong

Burtor – Mesin penggerak berbahan bakar bensin yaitu piston yang memunyai tugas naik turun dan dappat menghasilkan tenaga pembakaran.

Untuk bisa menghasilkan tenaga dari pembakaran, Mesin membutuhkan tiga faktor utama yaitu bahan bakar, udara dan kompresi, Jika semua sudah terpenuhi tentunya tenaga motor akan otomatis tercipta.

Yang namanya pembakaran, pasti akan menghasilka deposit kerak didalam ruang cilinder, Akan tetapi banyaknya kerak dan kerasnya kerak bisa di minimalisir dengan tiga hal ini.

1. Bahan Bakar
Di pasaran Indonesia bahan bakar sangat beragam, selain nama yang beragam, oktan yang ditawarkan juga sangat beragam, Mulai dari oktan 88 pada premium, Oktan 90 pada Pertalite, Dan Oktan 92 pada pertamax, shell super atau Total Performance 92 dan 95 sampai 98.

Nilai oktan yang tinggi membutuhkan kompresi yang tinggi juga untuk bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna, penentuan pemakaian oktan bensin harus juga didasari kompresi masing-masing.

Semakin tinggi kompresi, semakin tinggi juga oktan yang di butuhkan, Banyak yang salah kaprah, dengan oktan yang tinggi akan membuat motor semakin ngebut, hal ini tentunya sangat salah besar bila tidak di imbangi dengan kompresi hasilnya malah akan tidak baik, karena dengan bensin yang tidak terbakar sempurna akan membuat kerak diruang bakar.

2. Settingan Karburator/ Inject
Untuk yang menyukai oprek-oprek mesin baik yang menaikan volume cilinder dengan cara stroke up atau bore up pasti harus melakukan setting ulang, setting ulang ini dilakukan untuk memenuhi kapasitas yang sudah tiidak standart karburator atau sistem inject pastinya wajib untuk di setting ulang agar optimal, Seperti yang kita ketahui, ideal mesin membutuhkan perbandingan udara dan bahan bakar ideal 13,5 – 14 : 1.

Dengan 1 molekul bahan bakar membutuhkan 13,5-14 molekul udara untuk menciptakan pembakaran yang sempurna, Jika diturunkan perbandingan mesin akan semakin boros, Mesin yang boros tentu akan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

3. Filter Udara
Udara yang masuk kedalam ruang bakar pastinya akan membutuhkan penyaringan agar yang masuk kedalam mesin adalah udara yang sangat bersih, Motor moredn sudah menggunakan filter terbaru yang berupa kertas dan sudah dilapisi oil khusus, oil ini berfungsi sebagai penangkap partikel debu halus.

Untuk meningkatkan performance, banyak juga yang mengganti filer ini dengan filter busa agar lebih plong, tidak sedikit juga yang membuka filter ini agar suply angin akan lebih banyak.

Udara yang masuk langsung mengandung partikel debu dan akan tersedot langsung kedalam mesin dan ikut terbakar didalam proses pembakaran debu tersebut juga akan menjadi kerak dalam ruang pembakaran hitan yang sulit di hilangkan.

Deposit kerak pada piston sangat mempunyai pengaruh negatif salah satunya mesin akan menjadi panas dan boros bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *