Tips Membersihkan Air Flow Meter Pada Mobil

Air Flow Meter

Kabar Otomotif Terkini – Air Flow Meter (AFM) merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk mengkur serta mengalirkan udara kebagian mesin mobil.

Tapi jika sensor ini kotor akibat debu, uap oli atau kotoran lainnya, maka proses pembacaan jumlah udara menjadi tidak optimal.

Nah untuk cara membersihkan Air Flow Meter (AFM) ini cukup mudah kok, namun anda harus berhati-hati membersihkannnya. Berikut cara-cara membersihkan AFM:

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah, lepaskan Air Flow Meter dengan menggunakan obeng minus.

“Pada mobil-mobil BMW caranya buka baut bagian bawah Air Flow Meter,” jelas Afon, pemilik bengkel Kurnia Jaya Abadi, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Usai terlepas selanjutnya penyemprotan memakai contact cleaner atau sejenisnya ke AFM untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Dalam penyemprotan ini dilakukan dengan jarak kurang lebih 30 cm, dan tidak usah terlalu banyak agar lebih efektif.

Nah ini penting, dalam proses pembersihan, pegang AFM secara hati-hati. Pasalnya, kalau AFM sampai terjatuh sangat berisiko karena komponen ini rawan rusak. Kalau nggak mau berisiko mulai tangan kotor dan berisiko menjatuhkan komponsn AFM.

Bawa saja ke bengkel dan siapkan uang sekitar Rp 100-150 ribu buat membayar jasa membersihkan Air Flow Meter. Jadi aman dan gampang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *