Trik Agar Kampas Rem Tidak Copot Jika Menggunakan Rem Parkir Terlalu Lama

Rem Tangan Mobil

Kabar Otomotif – Memakai rem tangan atau rem parkir terlalu lama akan mengakibatkan kampas terlepas dari besi pegangannya. Biasanya masalah ini sering terjadi pada rem tromol.

Hal ini karena pada bidang kontak pada rem jenis tersebut lebih besat dibandingkan rem cakram. Alhasil saat rem tangan di gunakan, kampas akan menempel kuat pada tromol dan bisa terlepas saat dipaksa melaju.

Nah untuk itu solusinya, bila kampas menempel di tromol meski tuasnya sudah dibuka, sebaiknya jangan langsung menggerakkan mobil. Biasakan menekan tombol tuas dan mengangkat dengan kuat. Lalu turunkan kembali tuas rem tangan dengan cepat.

Namun bila rem tersebut masih menempel pada tromol, maka ulangi kembali trik tersebut dalam bebeberapa kali sampai berhasil. Tapi jika masih belum bisa. Maka salah satu solusinya adalah buka ban dan lepaskan kampas secara manual.

Setelah itu, segera ganti kampas rem, terlebih jika kondisinya telah menipis. Yang perlu diperhatikan, jangan gunakan teknik pantek karena dapat membuat kampas rem copot lagi. Solusi berikutnya adalah memanggil teknisi dari bengkel terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *